Selasa, 07 Juli 2020

PEMBUATAN DIGITAL BOOK

Bissmilahhirohmannirrohim
Assalammu'alaikum wr.wb....
Selamat datang kembali di blog Nia Setiani, pada kesempatan kali ini saya diberi tugas oleh dosen pembimbing untuk menyampaikan pembuatan digital book, tampilan sebagai berikut ini:

PEMBUATAN DIGITAL BOOK


Apa itu ebook? 
Pengertian E-book adalah suatu buku yang bentuknya digital atau elektronik dimana biasanya berisi informasi atau panduan/ tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.
Tak berbeda jauh dengan buku cetak pada umumnya, e-book  (electronic book) atau buku elektronik juga berisi tulisan-tulisan dan gambar dengan berbagai tema, misalnya seperti e-book teknologi, e-book ilmu pengetahuan, e-book motivasi, e-book tutorial, dan masih banyak tema lainnya.
Fungsi e-book secara umum adalah sebagai media untuk membaca informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya pengguna e-book adalah mereka yang sudah melek teknologi dan terbiasa membeli e-book untuk media belajar. Berikut ini fungsi ebook bagi penggunanya dan juga bagi penyedianya:

1. Sebagai Sarana untuk Belajar

Sekarang ini ada banyak orang yang membuat e-book yang berisi tentang ilmu pengetahuan dan tutorial di bidang tertentu. Tema bacaan dan informasi yang sering dijadikan e-book adalah seputar bisnis online, tutorial blogging, tutorial komputer, dan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi.
2. Sebagai Media Informasi
Sekarang ini pebisnis sudah banyak yang memberikan ebook gratis kepada calon pelanggan mereka. Dengan memasukkan email, maka calon pelanggan dapat mendownload ebook yang berisi informasi atau tutorial yang dibutuhkan. Proses pembuatan dan penyebaran ebook ini sangat mudah karena bentuknya digital. Itulah sebabnya ebook sangat cocok digunakan sebagai media informasi.

Tujuan Ebook Secara Umum

Seperti yang sempat disinggung pada pengertian e-book di atas, tujuan dibuatnya e-book adalah untuk memudahkan proses penyebaran informasi dan pembelajaran kepada penggunanya. Adapaun beberapa tujuan e-book adalah sebagai berikut:
1. Memudahkan Pembuatan Buku
E-book adalah salah satu solusi bagi mereka yang ingin mengeluarkan buku namun kesulitan dalam pembuatannya. Seperti kita ketahui, proses pembuatan buku cetak cukup panjang dan terbilang sulit. Hal ini tidak terjadi jika kita membuat buku digital. Namun, tentu saja format e-book tersebut harus dibuat semenarik mungkin agar layak untuk disebarkan atau dijual.

2. Menghemat Biaya Pembuatan Buku

Pembuatan buku cetak biayanya cukup besar karena masih menggunakan peralatan konvensional. Berbeda halnya dengan pembuatan e-book, biayanya nyaris tidak ada bahkan bisa gratis.

3. Memudahkan Proses Penyebaran Informasi

Penyebaran e-book sangat mudah dilakukan, yaitu melalui media internet dan juga peralatan elektronik lainnya seperti flashdisk atau hardisk.
4. Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar
Dengan adanya e-book maka proses belajar dan mengajar menjadi lebih mudah. Pengajar bisa membuat materi pelajaran dalam bentuk ebook lalu mengirimkannya kepada muridnya. Dari sisi pelajar tentu saja akan sangat dimudahkan karena bisa mempelajari materi pelajaran dalam bentuk e-book di mana saja dan kapan saja.

5. Melindungi Informasi yang Disebarkan

Ketika kita membuat sebuah e-book, kita bisa memberikan proteksi terhadap isi ebook tersebut. Caranya yaitu dengan memberikan password khusus, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membukanya. Selain itu, buku digital tidak mudah rusak seperti halnya buku cetakan. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna e-book.
Membuat digital book menggunakan aplikasi 3D Page Flip Profesional. 

Membuat digital book menggunakan aplikasi 3D Page Flip Profesional. Adapun langkah-langkah pembuatannya kita bagi menjadi tiga tahap:

A. Tahap Persiapan Pembuatan Digital Book


  • Siapkan 5 folder seperti gambar diatas

  • Isi folder pertama dengan materi ajar format ms word

  • Di folder kedua kita siapkan tempat menyimpan hasil konversi dari word ke pdf


  • Lalu selanjutnya siapkan folder untuk menyimpan file gambar-gambar seperti diatas




  • Langkah ke 5 siapkan juga folder untuk tempat menyimpan video yang sesuai dengan materi seperti tampak gambar diatas



  • Langkah terakhir dalam tahap persiapan adalah membuat folder hasil produk buku digitalnya.
  • Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video dibawah ini :


B. Tahap Konversi, Menyatukan File MS Word Menjadi PDF Dengan Menggunakan Nitro Pdf


  • Langkah awal pastikan software nitro sudah terinstal dan siap digunakan, jika sudah siap klik



  • Akan muncul menu diatas lalu klik combine akan muncul jendela add file ms word, masukan file yang akan disatukan dan tekan tombol create  seperti gambar diatas 


  • Setelah tombol create di klik akan muncul proses konversi sampai muncul jendela file akan disimpan dimana berikan nama pada file yang sudah terkonvert

  • Setelah kita cek hasilnya lalu simpan pada folder 2 hasil conversi seperti ga,mbar diatas. 
  • Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video dibawah ini :




C. Tahap Pembuatan Digital Book Dengan Bantuan Aplikasi 3D Pageflip Pro


  • Pada tahap ini dimulai dengan memastikan aplikasi 3D Pageflip sudah terinstal dan kita jalankan.



  • Pada langkah ini akan muncul jendela seperti diatas silahkan klik menu create new.
  • Lalu akan muncul jendela diatas dan klik menu magazine lalu klik select template.




  • Setelah template dipilih maka klik OK

  • Setelah itu masuk ke menu pilih file pdf yang sudah kita simpan pada folder hasil konversi yang kita beri nama pdf, lalu klik open.

  • Lalu klik all page dan import now.

  • Akan muncul seperti gambar diatas lalu mulai lah lakukan edit sesuai kebutuhan


  • Misalkan akan memasukan lagu atau musik intro lakukan langkah seperti gambar diatas.


  • Atau ingin memasukan video lakukan langkah seperti gambar diatas


  • Hal yang sama juga dilakukan jika ingin memasukan gambar pada digital book seperti tampilan gambar diatas




  • Langkah akhir adalah memulai kegiatan akhir dengan cara klik apply change lalu klik menu publish

  • Setelah diklik publis akan muncul menu seperti diatas silahkan pilih 3DP


  • Lakukan convert dengan mengkliknya sampai ada proses seperti gambar diatas



  • Setelah proses convert selesai akan muncul jendela pemberitahuan bahwa digital book kita telah berhasil terpublish, klik menu open the folder dan pindahkan hasilnya ke folder ke 6 hasil folder digital book. selesai.
  • Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ASESMEN

  ASESMEN TOPIK Asesmen SD Memetakan Kompetensi Murid Pembelajaran sesuai Kebutuhan Murid Memberikan Umpan Balik dalam Proses Belajar A. Mem...