Rabu, 15 Juli 2020

MEMBUAT DIGITAL BOOK ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Bismillahirohmannirrohim.....

MEMBUAT DIGITAL BOOK IPS KELAS 3 SEKOLAH DASAR
MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PRO

Bismillahirohmannirrohim.....
Assalammualaikum wr.wb...



       Hallo, bertemu kembali di blog Nia Setiani, dalam kesempatan kali ini saya diberikan tugas untuk membuat digital book mata pelajaran di jenjang pendidikan yang saya ampu, saya mengambil mata pelajaran IPS materi kelas 3 Jenis-jenis Pekerjaan. Di masa sekarang ini, masa pandemi virus corona ini begitu mempengaruhi berbagai lini kehidupan, tidak terkecuali lingkungan pendidikan terkhusus dalam kegiatan proses belajar mengajar. Di dalam kegiatan proses belajar mengajar di masa pandemi ini kompetensi seorang guru harus ditambah yaitu seorang guru harus mampu melek teknologi mempersiapkan aplikasi media sarana teknologi penyampaian materi yang tepat, karena tidak bisa terjadinya tatap muka langsung maka seorang guru harus melakukan daring. Mudah-mudahan dengan membuat Buku Digital menggunakan 3D PageFlip digital book  ini merupakan salah satu solusi aplikasi teknologi yang dapat digunakan oleh guru untuk penyampaian informasi kepada para siswanya.

       E-Book adalah singkatan dari Elektronik book, yaitu buku digital yang tersimpan dalam bentuk aplikasi elektronik, sehingga bisa dibuka dikomputer. Adapun bentuknya bisa berbentuk file pdf, word, html, txt dll. Tetapi yang terkenal biasanya E-book berbentuk file pdf yang dapat dibaca dengan program seperti acrobat reader yang dapat di download sebelumnya secara gratis.
     3D PageFlip adalah aplikasi flash flipbook yang dapat digunakan untuk mengubah file PDF, Word, PowerPoint, dan Excel ke bentuk flipbooks. Dengan software flash flipbook, sobat dapat membuat majalah, katalog, e-brosur, eBook atau e-surat kabar menakjubkan berbentuk 3D. Dengan kata lain dengan software ini kita dapat membuat majalah online atau epaper dengan cara menjadikan file flash lalu embed ke page html halaman web atau blog. 
      Software ini sangat bagus menurut saya bagi dunia pendidikan terutama untuk guru karena dengan software ini bisa membuat buku dari file office dengan tampilan 3D dengan template yang keren, selain itu kita bisa memasukkan file video yang bisa kita tautkan kedalamnya. Sehingga bisa menarik perhatian siswa pada pembelajaran yang akan disampaikan.

       Langkah–langkah membuat Digital book (Buku digital) menggunakan 3D PageFlip, yaitu sebagai berikut :
  • Install software 3D PageFlip Pro dan masukkan serial key agar menjadi Full Version. Jalankan aplikasi 3D PageFlip Pro tersebut dengan mengklik Icon 3D PageFlip di deskop komputer anda, seperti tampak pada gambar di bawah ini :

  • Muncul tampilan aplikasi 3D PageFlip Pro sebagai berikut ini :
  •  Klik Create New (seperti gambar di atas)  sehingga muncul tampilan sebagai berikut:
  • Klik Select Template jika kita ingin mengubah bahan ajar 3D yang akan dibuat,sehingga muncul beberapa item pilihan template sebagai berikut :

  • Klik OK lalu akan muncul tampilan sebagai berikut :


  • Klik Browser untuk mencari dan memilih file bahan ajar yang ada di komputer kita untuk diubah menjadi bahan ajar berbentuk 3D PageFlip (dokumen yang di import harus dalam format PDF). Lalu klik Open, tampilan  seperti berikut :

  •  Pilih All Pages dan Klik Import Now maka aplikasi akan memproses import bahan ajar tersebut masuk ke dalam aplikasi 3D PageFlip. Setelah itu, maka muncul tampilan sebagai berikut: 
  • Dibagian Design Setting, rubah beberapa icon yaitu Show logo di hide, print button di hide, help button di hidesetelah itu, apply change, sebagai berikut:

  • Klik Edit Pages untuk mengedit/mengubah tampilan. 

  •       Untuk menambah Sound, klik Add Sound. Buatlah kotak kecil di sudut untuk tempat menyimpan  audio, kemudian double klik kotak yang telah dibuat. Cari file audio yang akan di masukan,    kemudian klik Open
  •       Klik Add Movie, untuk menambah video seperti gambar di bawah ini :
  • Klik Add Image Untuk menambah image (gambar), sebagai berikut:

  • Setelah semua selesai, klik file di sudut kiri atas, save dan exit
  •  Klik apply change kemudian Publish, maka akan muncul tampilan seperti berikut :

  • Setelah mengklik menu Publish, pilih icon 3DP, Atur dimana output  3D itu akan disimpan dengan cara mengklik Browse dan berikan nama file, sebagai berikut:
  • Klik Convert jika pengaturan publish telah selesai. Maka proses dan hasil akhir convert digital book dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

  • Demikianlah cara membuat digital book  materi IPS di kelas 3 SD dengan bantuan 3D Page Flip
  • Semoga bermanfaat  .......       


Untuk lebih jelasnya dibawah ini dilampirkan, sebuah video tentang cara membuat digital book 3D menggunakan PageFlip Profesinal, sebagai berikut ini: 




Terimakasih banyak ......................

Daftar Pustaka

http://arifsaefulhikmat.blogspot.com/2018/06/membuat-digital-book-dengan-menggunakan.html
https://www.youtube.com/watch?v=n0S1XOIoL10
https://nandangsunan.blogspot.com/2020/07/bimbingan-konseling-dan-digital-book.html
https://www.google.com/search:animasi+gif+salam.
https://gambarpesona.blogspot.com/2019/08/koleksi-baru-29-gambar-animasi-bergerak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ASESMEN

  ASESMEN TOPIK Asesmen SD Memetakan Kompetensi Murid Pembelajaran sesuai Kebutuhan Murid Memberikan Umpan Balik dalam Proses Belajar A. Mem...